HEADLINE NEWS

Budidaya Perikanan Lapas Tanjungpandan Berhasil, Kalapas dan WBP Panen Lele

Belitung ,Sergapnews.id – Masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan untuk tetap fokus dalam pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). berbagai Kegiatan Kerja guna memberikan keahlian bagi WBP terus digencarkan sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi mereka ketika hadir ditengah masyarakat.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Saat ini Seksi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB Tanjungpandan tengah focus menjalankan budidaya perikanan yang merupakan kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur. Selain itu, juga dilakukan pengelolaan lahan perkebunan untuk WBP yang menjalani Asimilasi di luar tembok lapas
Budidaya perikanan air tawar kini telah membuahkan hasil. Kalapas bersama WBP memanen ikan lele yang dibudidayakan di kolam sekitar area Blok Hunian Lapas Minggu (30/8/2020).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari hari (Sabtu dan Minggu-red) tersebut, dimanfaatkan Kalapas untuk silaturahmi membangun kedekatan dengan WBP. Didampingi Kasubsi Bimker Rizki dan Staf KPLP Ary Irsan, Kalapas bercengkrama ria bersama WBP sembari menguras dan membersihkan kolam penampungan ikan.
Kepada media Kasubsi Bimker Rizki menjelaskan Program pembinaan budidaya ikan, merupakan kerjasama Lapas Kelas IIA Kuningan bersama Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur.

Sebelum itu pihaknya telah berkunjung ke Balai Benih Perikanan di Desa Mempaya beberapa waktu lalu untuk mempelajari cara budidaya perikanan ini. Hasil dari tersebut dipraktekkan dan diajarkan kepada WBP.

“Beberapa teori terkait budidaya ikan dijelaskan oleh pihak Balai Benih Perikanan mulai dari bagaimana cara menebar benih ikan yang baik, cara memberi pakan, berapa padat tebar ikan pada setiap kolam hingga bagaimana pengelolaan ikan yang akan dibudidayakan,” ujarnya didampingi Staf Bimker Rolly Desta

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit SH mengapresiasi jajarannya atas kinerja dalam program pembinaan kepada kepada WBP

“Walaupun kita dalam masa pandemi Covid ini, sebagai petugas Pemasyarakatan kita harus tetap bekerja dengan semangat dan sesuai tugas pokok dan fungsi, dan kegiatan kerja harus tetap berjalan seperti panen lele kita kali ini, walaupun masih dalam tahap uji coba, patut bersyukur dan dapat dikatakan berhasil. Kita juga sedang menggarap kembali lahan di area belakang Lapas, berbagai jenis tanaman seperti, cabe, terong, sawi, jagung kini kini juga tinggal menunggu waktu panen. Kami sampaikan terimakasih kepada Pemkab Belitung Timur yang turut mendukung program pembinaan WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, dengan berbagai sinergi baik dengan Pemerintah Daerah mampun BUMN dan Swasta berbagai kegiatan dan Inovasi diharapkan bisa berjalan dengan baik. Dengan berbagai Program Pembinaan yang dilaksanakan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi WBP agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ujar Kalapas.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

Related Posts

1 of 220

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *