INDONESIA UPDATE

Kadispenad Pimpin Rapat Evaluasi Bidang Penerangan TNI AD 2020

Jakarta, SERGAPNEWS.ID – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus memimpin Rapat Evaluasi Bidang Penerangan TNI AD TA 2020, bertempat di Ruang Rapat Lantai 5 Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (01/12/2020).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Memulai sambutannya, Kadispenad menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Kepala Penerangan (Kapen)/Kapenhumas dari seluruh Indonesia, atas pelaksanaan tugas-tugas Penerangan yang diembannya. Dikatakan pula bahwa kegiatan rapat ini merupakan ajang menyatukan visi dan persepsi dalam menghadapi perubahan lingkungan saat ini yang begitu dinamis, serta untuk menambah wawasan dan keilmuan terkait tugas-tugas sebagai insan Penerangan.

“Mewujudkan Penerangan Angkatan Darat yang Profesional dan Unggul di Era Informasi, adalah tema yang kita angkat kali ini. Di mana titik beratnya pada peningkatan kualitas SDM insan-insan Penerangan TNI AD guna menghadapi tantangan tugas ke depan,” terang Nefra.

Peningkatan kualitas SDM tersebut, menurut Nefra, bisa dilakukan mulai dari penambahan alokasi rekrutmen personel berkemampuan jurnalistik, program pendidikan dan penataran yang didukung para pakar dan ahli, hingga modernisasi peralatan secara bertahap. Optimalisasi upaya tersebut menurutnya akan bisa menghasilkan SDM berkompetensi tinggi.

Sementara itu, dalam paparannya, Nefra mengurai evaluasi dari masing-masing subdis, lengkap dengan kegiatan yang telah dilaksanakan, kendala hingga upaya-upaya solutif yang bisa dilakukan. Kemudian, ada enam penekanan yang disampaikannya di penghujung paparan, yaitu larangan merekayasa berita, pemindahan hosting website satuan ke Disinfolahtad untuk menjamin keamanan website, serta satuan penerangan sebaiknya memperbanyak publikasi tentang prajurit yang berprestasi dan inspiratif untuk meningkatkan citra TNI AD.

“Manfaatkan media setempat untuk meningkatkan kualitas personel dan berita, jangan pernah jenuh untuk berkreasi, ikuti perkembangan IT, dan dalam pemberitaan agar tetap berkoordinasi dengan Dispenad,” tandas Nefra.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa. Kemudian acara disambung dengan sambutan dan pengarahan Kadispenad, pengumuman hasil lomba jurnalistik satuan penerangan, berupa lomba essay, lomba foto dan lomba pembuatan video pendek.
Juara foto jurnalistik antara lain : Juara I Pendam XIV/ Hasanuddin, Juara II Penrem 032/ Wirabraja Dam I/ Bukit Barisan, Juara III Pendam XVI/ Pattimura,; untuk Juara Video Jurnalistik: Juara I Pendam XVI/Pattimura, Juara II Pendam XIV/ Hasanuddin, Juara III Pendam V/ Brawijaya, serta Juara Favorit Pendam XII/ Tanjungpura.
Sementara untuk lomba Lomba Essay dibagi menjadi tiga kategori yakni, Kategori Non Satuan Penerangan, dimana pemenang juara pertama diraih oleh Mayor Czi Pratomo Wibisono dari Zidam XIII/Merdeka, juara dua Letda Arh Marta Putra dari Yonarhanud 14 dan juara tiga Mayor Inf Robil Syaifullah dari Deninteldam III/Siliwangi. Untuk Kategori Personel Penerangan, juara pertama diraih oleh Letda Arh M Syukri dari Kodam XIV/Hsn, juara dua Serma Ishadi Salmun dari Kodam XIV/Hsn dan juara ketiga Kapten Caj (K) Meri Astuti dari Kodiklatad. Sedangkan Kategori Esai Pamen, juara pertama diraih oleh Mayor Arh Fredy Jaguar (Kapen Arhanud), juara kedua Kolonel Kav M. Jaelani (Kapendam XIII/Merdeka) dan juara ketiga diraih oleh Letkol Arm Reza Nur Patria (Kapendam XVII/Cenderawasih.

Acara dilanjutkan dengan ceramah “Literasi Digital” oleh Dr. Ni Made Ras Amanda Gelgel Dosen Universitas Udayana Bali, serta ceramah seputar “Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi / PPID” oleh ibu Wafa Patria Umma Komesioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi Pusat. Kegiatan diakhiri dengan acara ramah tamah dan penutup.

Pejabat penerangan yang menjadi peserta dalam acara tersebut diantaranya Sesdispenad, para Kasubdis Dispenad, serta para Kapen Kotama/Balakpus se-Indonesia.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

Related Posts

1 of 219

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *