Lurah Pasar Padi : Pelepasan dan Pengguntingan Pita Ekspor Perdana Getas Akan Dilakukan Oleh Walikota Pangkalpinang

Pangkalpinang – Salah satu produk UMKM yang terkenal yakni Getas, atau oleh masyarakat Bangka dikenal sebagai Kletek, merupakan makanan ringan olahan dari hasil laut layaknya Kemplang dan Kritcu. Makanan ringan ini umumnya dijadikan cemilan sehari-hari atau sebagai sajian di hari raya.

 

Getas atau kletek tak saja digemari oleh masyarakat Bangka Belitung ternyata masyarakat dari beberapa mancanegara menyukai makanan ringan ini, sehingga Getas sudah menembus pasar dagang internasional, dan pada Senin 28 Desember 2020 ini Kota Pangkalpinang akan melakukan ekspor perdana Getas ke negara Singapore. 

 

Hal itu diungkapkan oleh Suandi Lurah Pasar Padi saat Pers Babel bertandang ke kantornya dijalan Garut Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang.

Photo : Lurah Pasar Padi

” Getas atau kletek makanan ringan asal Bangka kita direncanakan Senin ini (28/12/2020) ekspor perdananya dengan tujuan negara Singapore sebanyak 1 ton dan InsyaAllah acara penguntingan pita dan pelepasan ekspor perdananya akan dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang, ” Ungkap Suandi, Rabu (23/12/2020).

 

Diungkapkannya, permintaan negara pengimpor sebanyak 3 ton sekali ekspor namun warganya yang memproduksi Getas merk atau bergambar “Tani” saat ini hanya mampu memproduksi sebanyak 1 ton dulu, dan pada pengiriman ekspor berikutnya salah satu produk UMKM dari Kota Pangkalpinang akan berusaha menambah kuantitas ekspor sesuai permintaan negara tujuan ekspornya.

 

” InsyaAllah pada ekspor selanjutnya pemkot kota Pangkalpinang akan membantu mendorong kuantitas ekspornya, dan apa yang menjadi kendalanya nanti kita akan cari solusinya,” Ujar Lurah Pasar Padi.

Photo : Kantor Lurah Pasar Padi

Getas atau Kletek menjadi makanan khas pulau Bangka yang hampir tak pernah absen dari daftar oleh-oleh setiap wisatawan. Bahannya terbuat dari campuran utama ikan, sagu, garam dan beberapa bumbu lainnya, menjadikan makanan ringan yang satu ini terasa gurih dan nikmat sebagai cemilan.

 

Tekstur dari getas/kletek yang renyah dan krenyes saat digigit bisa membuat setiap orang ketagihan saat melahapnya. Di Kota Pangkalpinang sendiri (Pulau Bangka), getas biasa dimakan bersama hidangan berkuah atau teman makan nasi. (Red.03)

FacebookTwitterEmailWhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tim F1QR Lanal Babel Amankan Penumpang Bawa 2 Kg Sabu

Fri Dec 25 , 2020
Tim FIQR Posal Muntok, Sergapnews.id –  Patkamla Menumbing jajaran Lanal Babel bersama KSOP yang juga tergabung dalam tim Satgas Angkutan Laut Pelabuhan melakukan penyergapan terhadap salah satu penumpang KMP. Menumbing […]
Cloud Hosting Indonesia