HEADLINE NEWS

12 WBP Lapas Tanjungpandan Mendadak Dipindahkan ke Pulau Bangka

Babel, Sergapnews.id – Sebagai langkahdeteksi dini terhadap gangguan Kamtib, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan melakukan Pemindahan 12 Narapidana ke 3 Lapas di Pulau Bangka.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Ke-12 Narapidana tersebut akan disebar ke Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan Lapas Kelas IIB Sungailiat.

Pemindahan yang dilaksanakan Pagi (5/3/21) ini mendapat pengawalan ketat dari Petugas Lapas dan Anggota Sat Shabara Polres Belitung. Rencana pemindahan meskipun secara mendadak tetapi sangat matang.

Pagi Pukul 07.00 WIB, Ka. KPLP memerintahkan Anggota Rupam untuk mengumpulkan Ke-12 Napi tersebut kurang dari 30 Menit selanjutnya langsung dibawa Menuju Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjungpandan.

Photo narapidana menuju kapal expres bahari 3E

Setelah dilakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Swab Anti Gen ke 12 Napi tersebut dinyatakan Sehat dan dibawa ke Pulau Bangka dengan menggunakan Kapal Ekspres Bahari.

Kepada Media Ka. KPLP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan M.Jawad Ciryy, A.Md.IP menjelaskan rencana pemindahan Napi tersebut memang kita skenariokan secara mendadak untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

“Setelah Berkas Register Lengkap, mereka langsung kita keluarkan dari kamar masing-masing dan di bawa Menuju Pelabuhan dengan menggunakan Transpas dikawal Personil Polres Belitung, diantara 12 Napi tersebut ada juga 2 Napi yang sempat kemaren melarikan diri dari Lapas, 1 Napi dengan Vonis Seumur hidup, dan juga Napi dengan Kasus Narkoba, Alhamdulillah Perjalanan lancar dan kami mendapatkan laporan dari Anggota yang melakukan pengawalan saat ini mereka sudah tiba dan diserahterimakan di Lapas Tujuan,” Ujar Jawad.

Photo di pelabuhan pangkal balam

Terpantau oleh awak media Setibanya di pulau Bangka tepatnya pelabuhan pangkal balam sekitar pukul 15.25 wib tampak terlihat para narapidana satu persatu keluar dari pintu kapal dan langsung masuk ke mobil Trans Kemasyarakatan dengan pengawalan dari pihak kepolisian yang berjumlah 4 orang dan juga dari pihak lapas Tanjungpandan berjumlah 4 orang, yang menjadi kepala regu pendamping dalam pemindahan narapidana itu ialah Stap KPLP Ary Irsan .

” Nantinya para narapidana ini akan langsung kita antarkan ke 3 lapas yang mana 6 (enam) orang ke lapas Tua Tunu ,4 (empat ) orang ke lapas Sustik dan 2 orangnya ke lapas Bukit Semut Sungailiat,”ungkap Ary Irsan ke awak media di pelabuhan pangkal balam.

Terpisah Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menyampaikan Apresiasi atas Sinergitas dukungan dari Polres Belitung sehingga pelaksanaan pemindahan berjalan lancar.

“Pertimbangan kita dalam pemindahan ini adalah untuk meminimalisir Gangguan Kamtib di Lapas Tanjungpandan. Kita akan melakukan tindakan tegas bagi Napi yang tidak bisa dibina dengan Baik tentunya tindakan Sesuai Aturan yang berlaku salah satunya kita Pindahkan,” Tegas Kalapas

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

Related Posts

1 of 220

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *