Sambangi PT SWP di Pulau Belitung, Bambang Patijaya Serap Aspirasi Petani Sawit

Belitungsergapnews.id Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Patijaya gelar kunjungan kerjanya sekaligus serap apresiasi petani sawit dan pemilik perusahaan PT Steelindo Wahana Perkasa di pulau Belitung pada Jumat, 27 Mei 2022 lalu.

Dalam kunjungan tersebut dirinya didampingi oleh Bupati Belitung Timur, Burhanuddin dan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belitung Timur, Jafri yang disambut langsung oleh direksi PT SWP pulau Belitung.

“Saya bersama bupati Belitung Timur bapak Burhanuddin dan juga ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belitung Timur Bapak Jafri mengunjungi sekaligus menyerap aspirasi dari Direksi PT Steelindo Wahana Perkasa (PT SWP),” ungkapnya kepada wartawan pada Senin, 30 Mei 2022.

Menurut Politisi Partai Golkar ini, Bambang Patijaya bahwa PT SWP adalah sala satu perusahaan sawit yang memproduksi minyak goreng di Bangka Belitung, hanya saja pihak mereka terkendala dengan beberapa regulasi diantaranya permasalahan DMO sedangkan dalam aturan DMO itu PT SWP harus menyuplai 30 Persen produknya di Bangka Belitung.

Read More

Namun, PT SWP ini, perusahaan kapasitas besar Sementara serapan di Bangka Belitung sangat rendah.

“Saat mendengar apresiasi dari mereka, hasil produksi mereka banyak sedangkan daya tampung pulang Bangka dan Pulau Belitung kecil, sementara karena aturan DMO mereka tak bisa ekspor,” keluh dari pihak perusahaan PT SWP.

Sehingga, dikatakan Bambang Patijaya bahwa permasalahan tersebut harus dicarikan solusinya hingga kondisi persawitan di Babel pulih kembali.

“Terkait masalah tadi harus dicarikan solusi dan saya kira dengan mengurai masalah ini, PT SWP bisa full capacity sehingga dengan demikian dapat membeli sawit masyarakat dan kami juga membahas beberapa hal yang berkenaan dengan sawit ini seperti harga buah sawit dan lainnya di pulau Belitung bisa kembali normal,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Bambang Patijaya juga sudah menyampaikan masalah persawitan yang ada di pulau Belitung dan Pulau Bangka sehingga telah dijadwalkan akan ada pertemuan antara pejabat terkait dalam membahas lebih lanjut persoalan tersebut.

“Saya sudah menyampaikan ke Pj Gubernur Babel tentang kondisi persawitan di pulau Belitung saat ini dan direspon positif oleh beliau, minggu depan akan ada pertemuan antara PJ Gubernur Babel dengan Bupati Beltim, PT SWP, RNI dan Stakeholder lainnya, termasuk saya dari DPR RI Komisi VII yang membidangi Perindustrian,” ungkapnya.

Dengan demikian, Bambang Patijaya sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Babel berharap dengan terlaksana pertemuan nanti bisa membuat kebijakan yang menguntungkan petani sawit dan pemilik perusahaan CPO di Bangka Belitung.

“Semoga segera ada solusi dan percepatan untuk penyelesaian masalah sawit di Pulau Belitung dan juga Pulau Bangka tentunya,” tutupnya.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.