5.1 C
New York
Monday, January 30, 2023

Buy now

spot_img

Prajurit Korem 045/Gaya Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SMA 1 Puding Besar

Sergapnews.id Bangka ||| Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan dilingkungan sekolah Korem 045/Garuda Jaya diminta untuk memberikan pembekalan kepada siwa-siswi SMAN 1 Puding Besar selanjutnya Mayor Inf Subkhan atas perintah Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis, M.D.A. memberikan Pembekalan wawasan kebangsaan bertempat di SMA 1 Puding Besar, Jum’at (2/12/22).

Adapun kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan ini diselengarakan oleh Kesbangpol Prov. Kep. Babel dengan materi Peran Generasi Pancasila dan Cinta Tanah Air. Dalam pembekalannya Mayor Inf Subkhan mengatakan generasi muda terutama dilingkungan sekolah para siswa dan siswi harus memegang makna nilai-nilai Pancasila agar generasi penerus bangsa menjadi lebih baik , tanggung jawab dan selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini sangat penting sekolah harus mengenalkan dan menerapkan kehidupan para siswa dalam proses belajar mengajar tentang nilai-nilai pancasila, sebagai pembentukan karakter. Dengan penguatan pembinaan generasi Pancasila maka para siswa akan tertanam pada dirinya menjadi individu yang maju, berdikari, handal dan tanggung jawab dalam rangka memajukan bangsanya,” ujarnya.

Perilaku cinta tanah air bisa diwujudkan oleh siswa-siswi diantaranya bersekolah dengan rajin belajar dan berlatih , bercita-cita luhur, mentaati aturan atau hukum, menghormati perbedaan suku dan keragaman, tidak saling menghina umat beragama, bersikap prilaku yang baik , tidak menghina simbol atau lambang negara, dan lainnya.

“Dengan pemahaman wawasan Nusantara sebagai generasi Pancasila maka para siswa dan siswi akan bangga jadi warga negara Indonesia, menjadi bagian pewaris budaya dan menguatkan identitas bangsa Indonesia karena tertanam sikap disiplin, taat aturan, jujur, prilaku sopan santun,sikap toleran dan menghargai perbedaan sebagaimana tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika,” ucapnya

Mayor Subkhan berharap dengan pembekalan pengetahuan wawasan kebangsaan yang diikuti 100 siswa-siswi ini, dapat meningkatkan rasa cinta kepada Tanah air, tidak mudah terpengaruh radikalisme dan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam belajar, sehingga para siswa akan timbul rasa nasionalisme, memahami nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta tumbuh semangat juang Bela Negara untuk memajukan bangsa Indonesia.

Selanjutnya Kepala sekolah SMA 1 Puding Besar Ibu Nihlatin Nisa menyampaikan terimakasih kepada Korem 045/Gaya dan Kesbangpol Bangka Belitung atas pembekalannya.

“Semoga bermanfaat dan meningkatkan kedisiplinan serta motivasi rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia bagi siswa dan siswi sehingga menjadi manusia yang unggul,” katanya.(to2/*)

Editur : Mk

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,686FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles