Pertambangan

WPR Belum Resmi Berlaku, Sinshe Koba Pesta Pora Gasak Deposit Timah di Lahan Eks Koba Tin 

Bemban 10 Merupakan Kawasan Gemuk Deposit Pasir Timah

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Pangkalpinang — Wacana WPR (Wilayah Pertambangan Rakyat) di Bangka Belitung sepertinya sudah duluan dicuri start-nya oleh beberapa pebisnis timah lokal, seperti -menurut info lapangan- Shensen asal Koba. Yang tidak tanggung-tanggung langsung full power dengan mengerahkan tiga PC sekaligus ke lokasi di kawasan Bemban 10, Jumat 19 Mei 2023. 

Menurut salah seorang warga kawasan Bemban 10 yang ditemui oleh media sergapnewsID, Ia mengatakan bahwa sudah hampir sebulan yang lalu aktivitas penambangan timah di lokasi Shensen berlangsung. Tanpa ada pihak berwenang yang sekalipun menyentuh.

“Itu kalau tidak salah masuk HP(Hutan Produksi) pak, PC -nya milik Shinse lah. Kalau mesinnya ada dua unit dompeng kalau tidak salah ada delapan pekerja disitu pak,” kata bujang warga Perlang yang sedang berkunjung ke rumah adiknya di Bemban 10. 

PC milik Shinse mencabik-cabik lahan eks kobatin Bemban 10.

Media coba mengkonfirmasi pada pihak Satpol PP Pemkab Bangka Tengah atas temuan tersebut. Dan direspon oleh Sekretaris Satpol PP Pemkab Bangka Tengah, Wawan. Menurut Wawan pihaknya cukup terkejut dengan informasi lapangan dari media.

Pasalnya di kawasan tadi disebutnya sudah tidak ada aktivitas lagi beberapa minggu yang lalu. “Terima kasih atas infonya bang, kami akan segera menindaklanjuti temuan ini. Sebelumnya kami akan koordinasi dengan pimpinan dan apa hasilnya nanti kami infokan,” kata Wawan lewat pesan tertulis. 

Sebagai informasi, lahan Eks Koba Tin adalah lahan dengan deposit pasir timah yang gemuk. Data tahun 2002 saja menyatakan bahwa di area seluas ± 18 hektar ini menyimpan potensi logam 67 455 ton, konsentrat sebesar 88 142 ton. Jadi bukan tanpa motif penambang liar seperti Shinse masuk ke kawasan terlarang ini. Tentu ada cuan yang sudah dihitung dengan seksama. (R5) 

Sign up for a newsletter today!

Want the best of NewsyFeed Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

Related Posts

1 of 222

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *